Share And Give With Us

Seperti apakah animasi 3D pertama di dunia?

Tidak ada komentar
Grafis memang penting sebab game adalah medium hiburan yang menawarkan pengalaman audio visual interaktif. Dan kita harus menghargai jasa para pionir dan judul-judul terdahulu, berkat mereka-lah kini kita semua berada di titik puncak industri gaming. Dan karena alasan itulah Stuart Brown menciptakan lima seri video singkat tentang perkembangan sejarah grafis permainan.

Alasan mengapa hasil karya Brown patut diapresiasi ialah karena ia tak cuma ditujukan pada gamer dan developer saja, Anda bahkan akan mudah mengerti meskipun bukan penggemar game. Sang pencipta video menjelaskan dengan jelas dan dapat dinikmati oleh orang awam. Lalu Brown juga membahas beberapa judul kurang terkenal, yang sebenarnya sangat berperan besar dalam evolusi visual.

Namun tahukah kalian Video game 3D pertama didunia? Yups namanya "A Computer Animated Hand". Penasaran seperti apa rupa film animasi A Computer Animated Hand?
Istilah computer graphics pertama kali disebutkan oleh William Fetter di tahun 1961. Ia merupakan art director, dahulu bekerja di perusahaan Boeing (karyanya dinamai Boeing Man). Tapi animasi pertama sendiri dibuat oleh kedua mahasiswa Universitas Utah, Edmin Catmull dan Fred Parke dalam video eksperimental singkat tahun 1971, berjudul A Computer Animated Hand.


Catmull sempat bekerja juga di Boeing, hingga PHK besar-besaran menerpa. Ia pulang kembali ke Utah, dan bersama kawannya Fred Parke, Catmull mencoba menggarap sebuah proyek kecil. Pertama, mereka menuangkan plester ke tangan kiri Catmull. Kemudian dengan pulpen, mereka membelah cetakan menjadi 350 buah kepingan-kepingan kecil. Lalu poligon tersebut diukur, dimasukkan ke komputer, lalu secara cermat diciptakanlah animasinya.

Memindahkan gambar-gambar ke film juga terbukti menjadi pekerjaan yang sulit, karena hardware display saat itu tidak menunjukkan seluruh gambar di layar. Catmull dan Parke hanya bisa melihat karyanya via mengambil foto polaroid frame per frame langsung dari layar monitor. Setelah puas, ia rekam videonya menggunakan kamera 35 milimeter.

Dibantu profesor Ivan Sutherland, Catmull berkesempatan bertemu dengan management Disney, meski belum membuahkan hasil. Dari sana, ia dihubungi langsung oleh George Lucas dan setuju bekerja untuk Lucasfilm (di bawah nama The Graphics Group). Kemudian divisinya diakuisisi Apple Computer tahun 1986, dan diganti nama menjadi Pixar Animation Studios. Film animasi pertama mereka ialah Toy Story.


Tidak ada komentar :