Share And Give With Us

Ubuntu Touch Siap Rilis di Penghujung Tahun

Tidak ada komentar

Jakarta - Dua sistem operasi mobile berbasis open source yakni Android (Linux) dan iOS (UNIX) mungkin memang yang paling mendominasi jagat smartphone saat ini, namun penantang baru yang tengah digarap Canonical bisa jadi bakal menjadi penantang serius.

Ubuntu Touch, demikian nama sistem operasi mobile yang juga berbasis Linux tersebut. Dengan besarnya komuntas yang dimilikinya, bukan tidak mungkin Ubuntu Touch bakal mampu menandingi Android maupun iOS.

Ubuntu Touch sendiri sebenarnya telah diumumkan secara resmi kehadirannya bersamaan dengan pengumuman Ubuntu 13.10 yang merupakan versi desktop-nya. Namun pada awalnya sistem operasi yang dilaporkan telah dapat berjalan lancar pada ponsel Nexus itu baru dibagikan ke para developer aplikasi demi memperkaya ekosistemnya.

Lantas, kapan Ubuntu Touch diresmikan penggunaannya ke kalangan pengguna smartphone? Menurut Gary Dean selaku penggiat senior Ubuntu di Indonesia, meski telah diumumkan kehadirannya sistem operasi Ubuntu Touch saat ini masih dalam proses penyempurnaan.

Namun menurutnya sistem operasi yang paling ditunggu penggila open source tersebut bakal meluncur untuk publik paling lambat di penghujung tahun ini.

"Ubuntu Touch, saat ini masih dalam tahap proses. Tapi kemungkinan di penghujung tahun ini sudah akan diluncurkan," ungkap Dean pada pada event tahunan Release Party forum Ubuntu Indonesia bertajuk 'Membangun Lingkungan Bisnis dengan Ubuntu' di Gedung BPPT, Jakarta.

Dean memberikan catatan, saat Ubuntu Touch diluncurkan nanti tidak serta-merta akan langsung mendukung semua jenis smartphone. Disebutkannya, hanya akan ada beberapa tipe smartphone yang akan didukungnya pada tahap awal.

"Pada awalnya hanya akan mendukung beberapa tipe tertentu smartphone saja, seperti misalnya Nexus," ujarnya.

Meski begitu, sejumlah isu menyebut bahwa versi tak resmi Ubuntu Touch yang telah dioprek oleh komunitas Ubuntu tidak hanya dapat berjalan pada smartphone Nexus, tetapi juga pada Galaxy S II dan juga Galaxy S III.

Nantikan saja kehadirannya

Tidak ada komentar :