Share And Give With Us

Fakta Unik dan Sejarah Tombol Ctrl+Alt+Del

Tidak ada komentar
Kombinasi tombol ini kerap dianggap perintah sakti seorang user terhadap komputernya. Apalagi ketika si komputer tidak merespon sesuai keinginan user. Namun di balik itu, Ctrl+Alt+Del menyimpan sejarah unik dan hingga kini tetap menyisakan cerita yang sifatnya never ending story.

1. “Sebuah Kesalahan!”, kata Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gates, menyebutkan penggunaan tombol Ctrl+Alt+Del untuk mengaktifkan komputer adalah sebuah kesalahan. Tombol yang awalnya dirancang untuk reboot komputer itu masih tetap dipertahankan di sistem operasi Windows 8 untuk fungsi task manager dan dalam versi yang lebih lama juga untuk mengaktifkan komputer.
Dalam sebuah acara pengumpulan dana di Universitas Harvard, Gates menuding kesalahan terletak pada IBM dan mengatakan dia lebih suka jika hanya satu tombol saja yang digunakan. “Kita bisa menggunakan satu tombol, namun orang yang membuat papan ketik di IBM tidak mau memberikan kita satu tombol,” kata Gates.

2. Ditemukan oleh seorang insinyur IBM, David Bradley, yang tadinya ingin mencetuskan tombol lain, yaitu Ctrl+Alt+Esc

Pada awal 1990-an, Ctrl+Alt+Del menjadi populer sebagai cara cepat untuk mengaktifkan kembali komputer jika tampilan layar di komputer terhenti. Bradley pernah mengatakan dia tadinya ingin menggunakan Ctrl+Alt+Esc, tetapi terlalu mudah karena hanya terpusat di sisi kiri papan ketik sehingga secara tidak sengaja bisa me-reboot komputer.
Oleh karena itu, dia menggunakan Del di sisi kanan karena tidak mungkin dilakukan oleh satu tangan sehingga lebih kecil kemungkinan reboot secara tidak sengaja.

3. Meski Bill Gates bukan penemu, tapi dialah yang mempopulerkannya

Dalam perayaan 20 tahun IBM, Bradley mengatakan walau dia yang menemukan, tetapi Bill Gates yang membuatnya terkenal. Temuannya itu membuat dia menjadi salah satu pahlawan dalam dunia komputer, dan banyak yang meminta tanda tangannya dalam acara-acara komputer dan internet.

4. Masih pro-kontra, karena masih banyak fans-nya hingga kini tetap tak rela tombol Ctrl+Alt+Del dihapus

Sebagian orang tetap yakin bahwa tiga tombol itu sebagai pilihan yang tepat. “Saya merasa bahwa satu tombol yang akan menjadi kesalahan,” tutur seorang pendukung Bradley di situs internet Reddit. Saat ini komputer tablet sudah tidak lagi menggunakan Ctrl+Alt+Del untuk mengaktifkan maupun reboot.

just re-share guys dikembangkan dari sumber www.kompas.com

Tidak ada komentar :