Share And Give With Us

Firefox OS, Sistem Operasi Mobile Besutan Mozilla Hadir Di 2013

Tidak ada komentar
Ternyata gak Windows,Google,Mac Os,Linux aja yang punya OS tenyata Mozilla juga punya WOW!!!! :D
namanya Firefox OS..!!! kali ini Cyber Jellyfish team akan menerangkan tentang Firefox OS :D nyokk simak nyokk!!






Pasar sistem operasi mobile tampaknya akan semakin ramai dengan kehadiran Firefox OS yang akan dirilis paling lambat tahun 2013 nanti oleh Mozilla.
Kehadiran Firefox OS ini akan menjadi lawan tangguh Apple iOS dan Google Android di pasar smartphone mulai tahun depan dan membuat pasar mobile semakin panas.
Sebelum dinamai Firefox OS, Mozilla menamainya sebagai proyek B2G (Boot2Gecko) yang bertujuan untuk menyediakan alternatif sistem operasi mobile yang benar-benar tebuka.
Nama Gecko sendiri mengacu nama mesin rendering yang digunakan oleh browser Mozilla Firefox yang juga digunakan untuk membangun Firefox OS.
Proyek B2G dan runtime environment-nya dibangun menggunakan standar teknologi Web, sehingga tidak pengembangannya tidak hanya berbasisi platform spsifik atau framework.
Mozilla telah mempersiapkan kehadiran Firefox OS dengan menggandeng dukungan dari operator seluler besar seperti Telefonica, Deutsche Telekom, Sprint, Telecom Italia dan Telenor.
Tak hanya operator seluler saja, Mozilla juga menggandeng beberapa produsen ponsel terkemuka seperti TCL dan ZTE yang telah berkomitmen untuk membangun perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi Firefox OS yang dipadukan dengan prosesor daro Qualcomm Snapdragon.
Cristian Heilmann mengatakan pada Jumat lalu (29/06/2012) bahwa ide awal dibangunnya proyek B2G ini ditujukan untuk perangkat kelas low-end untuk negara berkembang dan menghadirkan pengalaman web yang lengkap.Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, Cristian Hielmann juga menegaskan bahwa proyek B2G ini tidak ditujukan untuk bersaing dengan sistem operasi mobile seperti Android atau iOS, B2G atau Firefox OS akan menyasar pasar yang berbeda.
Firefox OS sendiri adalah sistem operasi yang terdiri dari mesin randering HTML Gecko yang dikolaborasikan dengan kernel Linux dan beberapa layanan yang berjalan di latar belakang.
Sistem operasi besutan Mozilla ini juga diklaim tidak memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi dan hanya dengan memori RAM 256MB saja sudah dapat berjalan dengan baik.
Meski diklaim berbeda dengan Android dan iOS, kehadiran Firefox OS ini tetap saja akan bersaing secara tidak langsung dengan Android maupun iOS, mengingat ketiganya adalah sama-sama sistem operasimobile.
Perangkat berbasis Firefox OS diperkirakan akan mulai dikapalkan pada akhir tahun ini, namun kemungkinan akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2013.


kalo kita prediksi sih itu tiru-tiru google chorme seperti kalian tahu google chorme N firefox begitu sangat terkenal dengan fitur-fitur yang sama contoh  seperti topik ini Firefox OS, Sistem Operasi tapi sayangnya di mobile atau phone
lah sedangkan google chorme os di komputer :)


Oke Thank's semoga bermanfaat :)



Tidak ada komentar :